Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karanganyar Sukses Selenggarakan Kegiatan Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Joko Songo Ke XXVII


Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karanganyar kembali mengadakan kegiatan Pembukaan Kegiatan Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Joko Songo dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Karanganyar Ke-105. Kegiatan Napak Tilas ini diberangkatakan secara resmi, langsung oleh Kak Drs. H. Juliatmono, MM selaku Bupati Karanganyar sekaligus Ka Mabicab Kaaranganyar pada Selasa (15/11) di Alun-Alun Mini Kecamatan Ngargoyoso. Rute napak tilas kali ini yaitu Alun-Alun Mini Kecamatan Ngargoyoso - Balai Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih.


Dalam sambutan sebelum pemberangkatan Kak Juliatmono banyak sekali menyampaikan pesan kepada peserta, khususnya anggota Pramuka terkait kegiatan yang rutin yaitu Napak Tilas yang bertujuan untuk terus menghayati nilai kejuangan Pahlawan Joko Songo yag merupakan pejuang muda yang mengorbankan untuk mmepertahankan Negara Indonesia pasca merdeka. Juga untuk terus memantik kekuatan fisik dan juga mental anggota muda pada masa sekarang. Harapannya untuk peserta kegiatan Napak Tilas ini kedepan bisa menjadi orang-orang hebat di masa mendatang. 


"Saya berharap dapat dihayati dengan baik, mudah-mudahan kalian diantara yang ikut napak tilas menjadi oranag-orang hebat pada saatnya. Fisiknya dijaga supaya kuat, untuk ikut menghayati perjuangan Pahlawan Muda yang mempertahankan kemerdekaan."


"Semoga Allah rahmati, ridhoi, beri kebangkitan spirit untuk kalian menjadi penerus masa depan dengan kesiapan lahir batin, mentalitas yang tidak terlalu jauh tapi punya makna esensi yang luar biasa. Selamat berjuang menghadapi masa depanmu sendiri, kamu hanya akan mendapatkan apa yang kamu pikirkan, orang tua merestui, guru membantu, carilah teman-teman yang mendukung. Karena tidak ada keajaiban di dunia ini, itu diraih dengan sungguh-sungguh," Pungkas beliau dalam sambutannya.


Kegiatan secara resmi telah dibuka pada Senin (14/11) diawali upacara secara adat oleh Dewan Kerja Cabang Karanganyar di Lapangan Surodadi, Kecamatan Ngargoyoso. Peserta sebanyak 250 (130 putra dan 120 putri) dari unsur pramuka penegak dan pandega yang berpangkalan di SMA/MA/SMK sederajat, Perguruan Tinggi, SAKA, SAKO, dan Dewan Kerja Ranting se-Kabupaten Karanganyar. Kegiatan Napak Tilas ini sudah terhitung yang ke - 27 kali yang sudah diadakan rutin di setiap tahunnya. Di hari pertama setelah upacara adat berlangsung, dilanjutkan dengan kegiatan lomba atau giat prestasi yang diantaranya ada ranking satu, pembuatan miniatur pioneering, speech english, dan juga lomba senam kreasi.


Dilanjutkan dengan kegiatan sore yaitu giat persaudaraan dimana bertujuan agar peserta tidak hanya kompetitif tetapi juga tetap menjalin persaudaraan satu sama lain. Malam hari dilanjutkan dengan jumpa tokoh yaitu bersama Kak Aris Munandar dan juga Kak Endang Palupi.


Kegiatan ini akan berlangsung tiga hari kedepan sehingga akan ditutup pada Rabu (16/11) yaitu di Balai Desa Karangbangun Kecamatan Matesih sekaligus dengan pengumuman hasil kejuaraan di setiap bidang perlombaan. Dalam penilaian rangkaian kegiatan tersebut terdapat juara umum putra dan putri yang diraih oleh SMA N 1 Karanganyar. 


Penulis: Amelia Pingky

Penyunting : Endang Palupi








author

Admin